Manfaat Melakukan Senam Yoga Di Usia Kehamilan 5 Bulan Manfaat Melakukan Senam Yoga Di Usia Kehamilan 5 Bulan ~ kehamilan 5 bulan

Kamis, 11 Juni 2015

Manfaat Melakukan Senam Yoga Di Usia Kehamilan 5 Bulan


Manfaat Melakukan Senam Yoga Di Usia Kehamilan 5 Bulan

Manfaat Melakukan Senam Yoga Di Usia Kehamilan 5 Bulan

Senam yoga adalah suatu jenis senam yang dilakukan dengan cara memfokuskan antara pikiran, tubuh, dan sistem pernafasan. Dimana, dalam menciptakan keseimbangan tersebut dapat melalui gerakan latihan fisik, latihan sistem pernafasan, melakukan tehnik relaksasi, dan meditasi. Banyak dokter yang memperbolehkan ibu hamil untuk melakukan senam yoga ini, terutama pada periode kehamilan di trimester kedua yaitu usia kehamilan 5 bulan. Karena dipercaya, senam yoga ini dapat membuat si ibu hamil menjadi rileks, mampu mengontrol emosi, dan meredakan ketegangan pada otot. 

Selain itu, senam yoga yang sekarang ini sudah banyak dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Adapun langkah pertama untuk memulai senam ini dengan cara melakukan sesi pemanasan terlebih dahulu, dimana gerakannya dapat meregangkan pada bagian punggung, lengan tangan, dan kaki. Setelah itu, diakhiri dengan tehnik relaksasi ataupun meditasi, sehingga anda dapat merasakan kesegarannya setelah melakukan senam ini. Pada umumnya senam yoga dilakukan sekitar 90 menit, dan usahakan dalam melakukannya di tempat yang tebuka serta berhawa sejuk. Karena ini dapat mengoptimalkan manfaat dari melakukan senam yoga.

Kebaikan Senam Yoga Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Adapun jenis dari senam yoga yang baik untuk anda lakukan ketika hamil adalah prenatal yoga. Prenatal yoga ini, sudah dirancang dengan sedemikian rupa untuk melatih otot-otot pada rahim dan sendi-sendi panggul, sehingga dapat memudahkan untuk proses persalinan. Anda, juga bisa melakukan senam prenatal yoga ini mulai dari kehamilan 14 minggu. Sangat tidak disarankan melakukan senam ini di trimester pertama kehamilan, karena ditakutkan akan menimbulkan resiko terjadinya keguguran.

Meskipun senam yoga ini sangat baik untuk ibu hamil, berikut adalah posisi yang harus anda hindari ketika melakukan senam tersebut yaitu :
  • Upside down atau menungging,
  • Back bends atau dalam bahasa indonesianya adalah kayang, dimana gerakan dilakukan dengan cara tubuh dilengkungkan ke bagian belakang hampir mirip seperti busur. Kemudian tangan untuk bertumpu pada lantai dan sejajar dengan posisi kaki.
  • Strong twist, tubuh berputar dengan cepat.

Dan masih banyak lainnya gerakan senam yoga yang tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil. Nah, mungkin setelah mengetahui tentang senam yoga ini tiba-tiba anda tertarik untuk mengikutinya, maka segera daftarkan diri anda di kelas yoga khusus untuk ibu hamil. Selamat mencoba ya bunda dan rasakan manfaatnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar