Tips Berenang Aman Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan Tips Berenang Aman Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan ~ kehamilan 5 bulan

Kamis, 11 Juni 2015

Tips Berenang Aman Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Tips Berenang Aman Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Cara Berenang Yang Baik Di Usia Kehamilan 5 Bulan

RN Female - Berenang, merupakan olahraga yang terbilang sangat menyenangkan dan tidak terlalu merogoh kocek dalam untuk bisa melakukannya. Banyak para ahli yang mengatakan, jika berenang itu adalah olahraga yang sangat baik untuk dilakukan oleh ibu hamil, khususnya di usia kehamilan 5 bulan. Sebab, dapat melatih otot-otot rahim dan sendi-sendi panggul supaya dapat memperlancar proses persalinan. 

Selain itu, adapun manfaat lain dari berenang adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan sekaligus bisa menurunkan berat badan ibu hamil yang terbilang overweight atau obesitas. Karena hal tersebut bisa memicu bayi yang anda lahirkan mempunyai berat badan ≥ 4000 gram, sehingga mau tidak mau anda harus melakukan persalinan secara sectio caesaria.

Tips Berenang Aman Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Berikut ada sedikit tips berenang yang aman dan menyehatkan, buat anda yang sekarang sedang hamil yaitu :

Pertama, anda harus berhati-hati ketika masuk ke dalam kolam, dan tidak disarankan anda masuk dengan cara melompat. Karena akan menyebabkan terjadinya benturan pada perut anda dengan air yang berada di kolam tersebut. Dan usahakan untuk memasukinya dengan cara berpegangan pada tangga yang berada di bagian tepi kolam.

Kedua, jangan menggunakan gaya kupu-kupu ataupun gaya punggung ketika berenang. Dikhawatirkan, dapat menyebabkan penekanan pembuluh darah dan resiko terjadinya benturan pada janin yang ada di dalam rahim anda.

Ketiga, lakukan olahraga berenang ini maksimal 3 kali dalam seminggu dengan intensitas waktu tidak lebih dari 30 menit. Waktu yang baik untuk melakukan olahraga ini yaitu, sebelum jam 10.00 pagi dan setelah jam 15.00 sore, agar anda tidak terpapar sinar matahari yang bisa merusak kulit.

Keempat, jika tidak bisa berenang, anda dapat melakukannya dengan berjalan di kolam yang dangkal ataupun melakukan gerakan aquarobik di dalam kolam.

Kelima, anda bisa melakukan gaya bebas dan gaya dada pada saat berenang, sebab tidak terlalu banyak benturan ketika anda melakukannya. Sehingga, gaya ini sangat cocok untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Namun, yang paling pentingnya lagi adalah ketika anda berenang usahakan untuk didampingi oleh instruktur, supaya lebih safety atau aman dalam melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar