Olahraga Khusus Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan Olahraga Khusus Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan ~ kehamilan 5 bulan

Kamis, 11 Juni 2015

Olahraga Khusus Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Olahraga Khusus Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Olahraga Khusus Untuk Usia Kehamilan 5 Bulan

Banyak orang yang beranggapan, bahwa usia kehamilan 5 bulan ini merupakan periode kehamilan yang masih terbilang cukup berat untuk dilalui oleh ibu hamil. Karena, tak jarang dari mereka yang masih merasakan keluhan seperti tanda-tanda awal kehamilan. Adapun keluhan yang mereka rasakan yaitu sakit pinggang, dan rasa capek yang teramat sangat. 

Tak khayal jika ibu merasakan keluhan seperti diatas tadi, sebab semakin lama perut ibu akan semakin membesar maka beban yang dibawanya pun juga akan semakin berat. Jadi, memang sangat tidak dianjurkan ketika anda hamil melakukan banyak aktivitas ataupun pekerjaan yang terbilang berat, karena hal ini akan menambah rasa sakit pada punggung anda dan akan berdampak juga pada kesehatan fisik serta janin yang berada di dalam rahim.

Selain itu, ada beberapa ibu yang merasa stres di usia kehamilan ini. Stres yang dialami olehnya, kemungkinan dicetuskan oleh rasa jenuh atau bosan karena aktivitas sehari-harinya yang terlalu monoton. Dan disamping itu, bayangan negatif mengenai proses persalinan yang begitu menakutkan juga akhirnya memperparah rasa stres pada dirinya .

Jenis Olahraga Penghilang Rasa Nyeri Dan Stres Pada Usia Kehamilan 5 Bulan

Olahraga, suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Selain bisa menjaga kebugaran tubuh, juga dapat menghilangkan rasa nyeri pada punggung dan stres. Berikut jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil pada usia kehamilan 5 bulan :

· Jalan Kaki
Merupakan olahraga yang banyak diminati dan dilakukan oleh ibu hamil. Dikarenakan tidak terlalu banyak membuang tenaga. Olahraga jalan kaki ini, diyakini dapat memperlancar peredaran daran dan membuat ibu bisa selalu fit dalam menjalani kehamilannya. Lamanya untuk melakukan jalan kaki, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists adalah 30 menit.

· Senam hamil
Senam yang memiliki banyak gerakan dan setiap gerakannya disesuaikan dengan usia kehamilan si ibu. Disamping itu, senam hamil ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk memperlancar proses persalinan ibu.

· Senam yoga
Hampir mirip dengan meditasi, karena sama-sama menonjolkan teknik relaksasi sebagai dasarnya. Tehnik relaksasi dapat dilakukan dengan cara melakukan tarik nafas dalam, kemudian tahan kurang lebih 3 detik, lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat pikiran anda menjadi rileks, sehingga dapat terhindar dari stres dan rasa sakit pada punggung yang dirasakan oleh anda ketika hamil.

· Berenang 
Olahraga yang satu ini mampu menjaga kebugaran tubuh pada ibu hamil.

Selamat mencoba, dan usahakan dalam melakukan olahraga tersebut harus didampingi oleh suami, keluarga, maupun instruktur, agar tidak terjadi sesuatu hal yang diinginkan oleh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar